Tuesday, August 03, 2010

Masa Muda Masa yang Berapi-api





After so long...
                      Saya temukan foto ini di salah satu folder lama saya secara tidak sengaja, membawa saya kembali pada moment itu, masa-masa dimana jiwa muda yang bergejolak ( halah ni bahasa ).
Mmmmm.... kalau tidak salah itu adalah moment perayaan tim basket kami, HME ( Himpunan Mahasiswa Elektronika ) Politeknik Negeri Bandung menjuarai POM yang ke-3 kali nya ( errr.. bangga ).Bisa dikatakan saya suporter sejati , halah.karena saya selalu ada disetiap pertandingan ( gak semuanya aja sih, match yang berasa penting aja lawannya, kaya Sipil, Mesin, Refri ).Walaupun saya sudah lulus dan meneruskan ke perguruan tinggi lain, saya selalu sempatkan datang, ya karena jarak rumah saya dan Polban juga sangat dekat, dan tidak lupa ketinggalan Jaket Himpunan kebanggan.haiya....

Tapi, final saat itu kurang gereget , karena lawan yang tidak biasanya ( selain himpunan2 yang saya sebut diatas) , saya sebagai saksi sejarah ( lebay...) bagaimana tim basket HME ini berkembang dan berjuang, udah bisa nebak , final kali ini akan terasa biasa saja.Dan teringat nama-nama pejuang ( ????? ) POM basket HME:

* Dani Ramdhani .#7 - Danbo , Angkatan 2004.Kahim Elektro 2006/2007.
   Kami punya istilah untuknya dilapangan "ngojek".haha, entah gimana, saat pass break tau2 dia udah ada di
   bawah ring , siap2 bikin point.
* Asep Sumpena a.k.a Ibey ( Sori bey, ungkap nama asli :D) #8 .Angkatan 2004
   Atlet elektro nih, andalan, kapten bukan yah dia?????hahahah.kayanya gk ada kapten2nan.Playboy abis.
* Fandi Astami Siregar #5 , Kahim Elektro 2007/2008.Angkatan 2005
   Klo julukan saya pribadi buat dia "Playboy bertampang wibawa".hahahahah.Ampun fan.Ya... digila2i (gila
  lo , gila lo ) cw2 krn skill basketnya, Jabatan kahimnya, tampang innocent nya.padahal buas di dalam.
* Andreas Rizki Fauzie #duh lupa no punggungnya, sori dre!!!.Ang.2006
   Salah satu andalan HME juga, teman seperjuangan curhat tentang cinta.hahahahah.lebs lebs.Cengos .Tapi
   larinya, kenceng abis!!!! pernah lari dari lapangan ampe lab bawa2 bendera HME serasa dikejar penjajah
   ( so sorry off the record about the story....)
* Edo # no punggung lupa juga. Ang.2005
   Posisinya apa ya.yg pasti badannya gede, klo dilapangan pasti pundung2an ama Danbo, tapi harus diakui
   dia telah banyak berjasa untuk kemenangan2 HME.
* Deden #12 (apal soalnya ada di foto.hehe) .Ang.2006
   Badan gede, image nya cw juga nih kaya Ibey.haha.Yang pasti, dia salah satu korban final berdarah
   ( off the record lagi :D), bikin gempar n heboh sekampus.
* Indra "indro" #no.punggung lupa juga (err.. pengaruh umur ) .Ang 2003
   Termasuk andalan HME dari tingkat 1 ampe lulus, tapi krn beliau adalah salah satu team robotika yg harus
   mendedikasikan ilmunya, jadi absen saat pertandingan penting vs Sipil eh apa vs Refri yah????jadi aja
   kalah T_T
* Ratno Setiabudhi #12 .Angk.2003
   Sang kutilang, cerita ttg dia idem kaya indro soalnya mereka satu tim robotika tuh.
* Febi Wew #no punggung lupa. Angk.2007
   Skill oke, andalan HME, banyak yg bilang dia cengos kaya c Andre.hahahaha.angkatan muda yg tidak bisa
   dihilangkan dari sejarah kemenangan2 HME di POM.
* Dorry Nugraha #4 ( klo gak salah.hehehe).Angk.2007
   Ni anak pendiem, tiis, mau menang atau kalah, tampangnya cuman punya 1 tipe : tiis.
   Tapi klo udah punya motivasi buat menang, bakal serius!!!tetep dgn tampang tiis nya.

Angkatan tua (Alumni) juga masih banyak yg aktif dan berkontribusi juga untuk prestasi tim basket HME, diantaranya

* Danang Waluya Jati. -Ang.2000
* M.Ichsan K - Ang 2002 .ehm, napa gw batuk yah.
* Fajar Boedoet ( Alm )- Ang.2002
* Alex -Ang 2002
* Santo - Ang, berapa ya????
* Djen Rofa -Ang.2002

Masih banyak nama2 yang tidak saya sebutkan soalnya saking banyaknya, lupa no.punggung.hehehe.

                       Ya, tapi basket adalah salah satu andalan anak2 Elektro di POM , bahkan di Liga Energi kami mengirim 2 tim: Tim Inti beneran , dgn Tim Hura-hura, Tim inti ini isinya orang2 diatas tadi, beneran serius mainnya, klo tim hura-hura diikutin juga krn dukungan dana alumni yg kenceng, n banyak anggota HME yg bukan tim inti tapi seenggaknya bisa main basket, gak bisa dibilang hura-hura juga sih.haha.Ya tim hura-hura ini kalahnya klo engga sama Mesin, apa Sipil ya waktu itu.

                  Dan beberapa minggu yang lalu saya mendapat kabar, kami merebut gelar juara I lagi untuk POM tahun 2010  ini. Regenerasi dalam tim basket HME selalu diupayakan , hubungan alumni dan tim bisa dibilang bagus, saat alumni sedang pada off ( maksudnya ada di Bandung ) selalu diupayakan bertemu dan tanding.HME punya tradisi n kepercayaan aneh sejak Danbo menjabat kahim, maka klo sang Kahim adalah tim basket HME kami pasti juara, dan mungkin kebetulan yang benar.haha karena yg saya tahu, Gama , Kahim 2009/2010 itu tim basket juga, dan benar saja POM tahun ini HME juara lagi.hahahahah.

                   Sebenarnya saya gak terlalu hobi basket, gak bisa malahan.Bukan pecandu IBL juga, ya semasa SMA pernah denger nama Bayu Radityo, Deni Sumargo.Nonton IBL aja cuman 2x, tahun kemaren (2009) apa kemarennya lagi ya?haha, waktu Garuda vs SM Britama di GOR Citra Bandung, hari pertama saya gak dapet tiket, nonton di rumah kenalan yg rumahnya di belakang GOR Citra , bareng tmn2, baru dapet tiket hari ke-2 , kenapa coba waktu saya dapet tiket, dapet posisi enak, eh Garuda malah kalah.Saya sbg pemilik KTP Bandung, Cimahi sih.. pasti dukung Garuda.Waktu di dalem GOR juga kayanya saya teteriakan tanpa sadar, gak kaya c Andre tuh ( tim HME 2006 yg cengos itu tuh ), teteriakan niat bgt.saya cuman ngetawain anak2 SD teteriakan "Sumargo!!!!Sumargo!!!Sumargo!!!!" semangat bgt, anak SD cw-cw umur segitu.haha.lucu juga.Cerita yg dibawa pulang oleh saya dan adik saya pun berbeda.waktu pulang ibu saya komentar
Ibu : "ah ibu juga nonton di TV, kalah ah, tadi gimana mba?"
Saya : " sama kaya di TV bu, kalah "
udah aja tiis.
Saat adik saya pulang , ya dia juga nonton tapi misah ama saya. ditanya ibu :"gimana de?"
adik :"hya ampun, rony gunawan nya cakep bgt... "

err..... udah beda orientasi ajah nih.Ya sebenernya klo mau dibilang yg lebih expert basket itu adik saya, dari kelas 1 SMP udah aktif basket, ampe kena cedera engkel.ih gaya bgt c lo.klo saya gak jelas ekskul nya apa, basket pernah, PASUS ( baris berbaris ) pernah, Drumband pernah, Jadi OSIS Bid.Rohis juga pernah.hm...
Waktu awal masuk kuliah juga saya pernah beberapa kali ikut latihan basket, tapi berhenti karena ya orang tua lagi, latihan tiap Jumat di NHII abis maghrib.itu alasannya terlalu malam untuk anak perempuan.klo diinget masa itu rasanya gak adil, tapi seiring beranjak dewasa, kekhawatiran orang tua barru dimengerti.haiya.. apalagi Ayah saya yg selalu mengganti kesedihan anaknya dengan hal berguna lain, waktu renovasi rumah, halaman belakang yg tadinya hanya untuk jemuran dibuat 1/3 nya lapangan basket normal , kayanya ukuran ring nya jg gak bnr deh, tinggi bgt.Ayah saya juga membelikan bola basket,, jadi kapan pun kami anak2nya bisa main basket ya santai2 aja, klo tmn saya ke rumah juga pasti main basket, dan suami saya dulu sewaktu masih berstatus pdkt juga masin basket.haha.tapi sekarang lapangan itu udah berubah jadi gudang, tempat cuci baju, seterikaan, kandang kucing,kolam ikan.heu.. dah gak ada jejaknya.T_T

                        Olahraga yg saya tekuni saat SMA dan saya jalani sepenuh hati adalah Softball yaitu di SMAN 5 Bogor .Saya berhenti karena saat kenaikan kelas 3,saya harus pindah ke Bandung ke SMAN 2 Bandung, dimana softball saat itu sepertinya bukan ekstrakulrikuler yang aktif. Bicara tentang softball, entah kenapa saat masuk SMA saya sudah tertarik masuk ekskul ini, dan orang tua saya juga sangat memfasilitasi saya dgn baik, seperti glove, bola, sarung tangan, hanya Bat yg saya tidak punya.Saat itu Bogor pun baru merintis klub Softball yg bernama Antelope , tiap minggu saya latihan dari jam 7 pagi - 4 sore, saya gak peduli kulit jadi item, cape, betis biru, tangan biru, kelempar bola.heu... itu akibatnya klo nangkep bola gak bener. :D. Saya punya partner, halah, teman seperjuangan yg satu komplek dgn saya Shinta, she's my pitcher, our high school's pitcher.Kadang sore hari latihan pitching lagi, entah bagaimana dia pernah ng"pitch" n hasilnya curve ball, saya yg nangkep bola ampe kaget
saya : "Shinta!!!tadi gimana pegang bolanya??? itu curve ball !!!!"
Shinta : "masa sih????duh gimana ya gw lupa!!!!"
haaaa........

Sebenernya saya bukan Catcher, posisi saya itu jaga Base 2, Catcher itu jagonya Ka Doris.

                   Ngomongin nomer punggung.haha.banyak sejarahnya, nomor punggung saya #55 kenapa oh kenapa???hm.. jadi melenceng nih, awal mulanya itu krn sang Jason Williams , pemain basket Sacramento Kings saat itu, dengan nomor punggung 55 juga.kok basket?katanya gak hobi???entahlah, saya juga tau2 aja sukanya gara2 pas nonton ESPN dia mainny abgs, gak terlalu banyak point sih, tapi assist nya banyak.ya intinya saya gak terlalu suka peain yg terlalu menonjol, paling disukain banyak org, mau olahraga apapun. Klo ditanya siapa idola softball/baseball saya, dengan akan sangat jujur saya jawab "gak ada", krna saya gak tau juga pemainnya siapa aja, gak ngikutin juga perkembangan nya gimana, emang atlet abal2 nih saya.hehe.Tapi klo ditanya ttg loyalitas saya thdp softball saat itu , 100%!!! Saya dan Shinta pernah nangis bareng gara2 sama2 dilarang org tua mengikuti Bogor All Star, padahal saya dan Shinta termasuk di dalamnya.hua!!!!! kenapa saya dilarang?krn nilai rapot saya turun, klo Shinta???ya org tua kita berteman, satu komplek pasti udah curhat2an.heu.... nangisnya... sakit hatinya.... Berlanjut nomor punggung, ada hubungannya dengan Zinedine Zidane .Lho!!!!kok sepakbola????

                    Ya, sepakbola.Jaman SMP masa kegilaan saya thdp sepakbola, then my fave is the one and only Zinedine Zidane.Kenapa???Ayah saya juga gila bola, waktu SD nonton piala dunia, saya udah milih Perancis, why???alesan gak jelas anak SD, ayah saya bekerja di perusahaan Perancis n saya jadi milih Perancis ( pikiran anak SD bgt ), kenapa Zinedine Zidane, because he's a Moslem.Rasis?engga, pikiran anak SD yang akan beranjak SMP.dan otomatis my fave club is Juventus, masa2 itu Juve lagi jago2nya, Del Piero, Edgar Davids, Trejenggot eh Trezeguet, Zambrtta, Buffon, dll.. didukung ama tmn2 saya juga yg gila bola
( Indi, Ninies , dll ).Sampai2 saya langganan tabloid mingguan, Majalah Liga Itali biar update berita ttg Juve, Liga Itali.Yang saya inget banget itu tahun berapa ya, Lazio n Juve lagi bersaing buat scudetto sama2 pertandingan terkahir Juve vs Parma, Lazio vs apa saya lupa, sbg anak SMP yg polos, tiap solat saya berdoa "Ya Allah tunjukkan kekuasaanMu, semoga Juve juara", dan hasilnya!!!!!! Lazio lah yg merebut Scudetto.pgn nangis sejadi2nya bareng Indi.hahahahaha.

                    Waktu Piala Dunia 1998 udah pasti saya milih Perancis, n saat final vs Brazil , Zidane nyumbang 2 gol, itu kaya apa aja bangganya.. waktu itu nonton final bareng ibu sambil niat puasa, jadi sekalian sahur.hehehe.Hal konyol ( konyol???) lain yg saya lakukan bareng Indi itu, ngirim surat ke pemain fav masing2, saya ngirim ke Zinedine Zidane, kata2 yg masih saya ingat " how is your fasting month????i'm a moslem too from Indonesia, hope u'll doing good in career and family ".hahahahah, jaman SMP.. lebay.entah surat itu nyampe apa engga.Penggunaan nomor punggung #55 itu gak lepas dari no.punggung timnas Zidane #10 ( 55---> 5+5 =10).Halah lebay.

Wah gak terasa udah berbaris-baris saya nyampah tentang masa muda saya.Sekarang juga masih rada muda sih.hehe.

Semua nasihat orang tua, larangan, teguran, baru akan kita sadari seiring waktu dan kedewasaan kita, apalagi saat akan menjadi orang tua, kita akan selalu belajar dari masa muda kita, dimana bisa digunakan untuk mendidik keturunan kita nanti.

No comments:

Post a Comment